Apa itu variable pada php?

Sebagai programmer atau calon programmer, kita perlu tahu apa itu variable, fungsinya untuk apa, dan cara penggunaannya seperti apa. Di website ini kita akan selalu berusaha to the point.
Variable pada php adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai. Wadah ini bisa berupa kata atau bahkan huruf saja.
Contoh : 
$buah = "apel";
$a = "test";
 
Fungsi dari variable adalah untuk menyimpan nilai. Kita bisa mengisi variable dengan nilai apapun (int, chat, text, varchar, dll) sesuai dengan kebutuhan.
Contoh :
$buah = "apel" ==> isian berupa string,
$umur = 18 ==> isian berupa integer,
status = true ==> isian berupa boolean, dan seterusnya
 
Aturan penulisan variable umumnya terdiri dari satu kesatuan tak terpisah (misal kata atau huruf). Contoh : $buah, $umur, $nama, dan lain lain. Jika kita ingin memberikan nama yg lebih dari satu kata, kita bisa menggunakan teknik camel case atau underscore, contoh : $namaLengkap atau $nama_lengkap.
 
Cara untuk mendeklarasikan sebuah variable juga berbeda-beda pada setiap bahasa pemrograman. Di php cara mendeklarasikan variable dengan menuliskan tanda dolar sebelum kata yang akan kita jadikan variable.
Contoh :
$buah, $umur, $status, dan seterusnya
 
Nah kenapa kita harus menggunakan variable? Tidak bisakah kita langsung saja menuliskan isi nilainya didalam operasi function? Jawabannya adalah BISA. Namun untuk pemrosesan data dengan perubahan yg sangat dinamis, tentu cara itu tidak disarankan. Karena jika kita langsung menuliskan nilai pada layar, itu artinya data yang tampil merupakan data statis yang tidak bisa berganti secara otomatis. 
 
Misalkan kita punya sebuah toko online, pastinya kita punya data member dan setiap member punya informasi yang berbeda-beda. Nah pada menu my profile kita juga akan mencetak nama pengguna yg berbeda-beda untuk setiap akun. Disinilah peran variable dibutuhkan. Biasanya kita ambil data dari database lalu kita simpan pada sebuah variable misal dengan nama variable $username. Maka ketika kita echo data $username akan tercetak nama pengguna secara dinamis. Halaman my profile arief_hdt maka berbeda nilainya dengan halaman yang dibuka oleh ridwan_kamil karena yg dicetak adalah variablenya, bukan nilainya.
Itulah mengapa kita memerlukan variable untuk menyimpan data sementara agar penggunaannya bisa lebih fleksibel dan dinamis. Jika kita menuliskan langsung username nya arief_hdt tanpa menggunakan variable, maka siapapun user yg membuka halaman my profile akan ditampilkan nama pengguna arief_hdt karena nilai itu bersifat statis.
 
Selanjutnya kita akan belajar menggunakan variable sebagai parameter. Klik disini
 

Leave a Comment (Not Available)

Post Comment