Apakah salah menjadi orang yang introvert?

introvert adalah

Ini bukan keresahanku pribadi, tapi mungkin keresahan banyak orang terutama para pelaku introvert.

Introvert adalah orang yang cenderung menutup diri dari lingkungannya. Introvert memiliki sifat penyendiri dan terlihat anti sosial. Introvert tidak terlalu nyaman ketika berada dilingkungan yang terlalu ramai dan tidak terkontrol (konser, pasar, dll). Mereka cenderung pemalu, tidak percaya diri, dan penyendiri. Introvert biasanya memiliki sedikit teman tapi sangat berkualitas. Jika ia sudah memutuskan untuk berteman dengan seseorang biasanya ia akan sangat menghargai pertemanan tersebut.

Permasalahan yang sering muncul adalah seorang introvert sering dianggap bersalah dan tidak layak untuk diakui dalam suatu lingkungan karena sifatnya yang tidak mau berbaur dengan lingkungan. Menurutku bukan tidak mau berbaur dengan lingkungan, hanya saja ada perasaan yang tidak nyaman ketika berbaur dengan orang terlalu banyak. Kita tidak bisa menghakimi begitu saja dengan mengatakan bahwa introvert adalah sebuah hal yg salah dan harus dipermasalahkan tanpa tahu latar belakang orang tersebut kenapa bisa menjadi introvert. Ada dua faktor penting yang aku rasakan antara lain pola asuh orang tua atau bisa juga karena trauma masa lalu yang dihadapi. Mari kita bahas satu persatu.

Pola asuh orang tua menjadi salah satu faktor pendukung seorang anak bisa menjadi introvert atau tidak. Anak yang tidak dibiasakan untuk berbaur dengan lingkungan heterogen sejak dini akan menyebabkan anak tersebut terlalu nyaman dengan kesendiriannya dan memiliki rasa minder yang terlalu besar ketika suatu saat memutuskan ingin berbaur dengan lingkungannya.

Trauma masa lalu juga bisa menjadi pemicu seseorang menjadi introvert. Anak yang sering di bully atau sering dikucilkan akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang sangat buruk. Jika hal ini terjadi pada seseorang rasanya akan sangat sulit untuk disembuhkan karena berkaitan dengan trauma dan biasanya sangat mendalam sehingga susah untuk dilupakan. Ketika ia memutuskan untuk berbau dengan lingkungan pasti akan banyak ketakutan yang menghampiri. Ketakutan untuk dikucilkan, ketakutan dibully hingga ketakutan bahwa dirinya tidak layak berada dilingkungan tersebut.

Jadi apakah salah jika seorang menjadi introvert?

Menurut saya TIDAK. Karena sejauh yang saya tahu belum ada orang yang bercita-cita atau sengaja menciptakan dirinya menjadi seorang yang introvert. Introvert bukanlah sesuatu yang mudah dan menyenangkan. Rasa bersalah, tertekan, mider, dll adalah makanan sehari-hari yang mau tidak mau harus dinikmati.

Lalu sebagai lingkungannya apa yang harus kita lakukan?

Sebelum menghakimi dengan memberikan label-label terlalu jahat untuk pelaku introvert, sebaiknya kita tahu apa latar belakang orang tersebut menjadi introvert. Kamu akan menjadi orang yang sangat jahat jika memutuskan untuk mengucilkan mereka hanya karena mereka tidak mau berbaur. Yang perlu digaris bawahi adalah bukannya mereka tidak MAU berbaur, tapi mereka tidak BISA berbaur. Mereka sebenarnya ingin tapi ada sesuatu hal yang mengurung dirinya sehingga tidak bisa berbaur dengan kamu. Sebaiknya sebagai orang yang lebih ekstrovert kamu bisa merangkul dia sebaik yang kamu bisa. Tidak perlu memaksakan apa yang kamu inginkan, cukup berusaha semampu yang kamu bisa lakukan.

A78

Leave a Comment (Not Available)

Post Comment