Fakta dibalik kebiasaan curhat, yang tidak banyak orang tahu

Beberapa orang menggunakan curhat sebagai media untuk mengurangi beban dalam diri mereka. Tapi mungkin itu tidak berlaku untuk orang introvert karena mereka lebih suka menyimpan apa yang mereka rasakan dan menikmatinya sendiri daripada harus berbagi cerita dengan orang lain.

Faktanya, membagikan cerita kepada orang lain memang dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Pada sebuah studi yang dilakukan di University of Southern California’s Marshall School of Business di Los Angeles, yang menjelaskan bahwa stres bukanlah rasa yang harus disimpan sendiri, membaginya dengan orang lain dapat mengurangi ketakutan.

Lalu apa yang menyebabkan stress menjadi berkurang ketika membagikan cerita kepada orang lain (curhat)? Mari kita lihat dari sisi yang sedikit berbeda.

Banyak yang mengira bahwa jika seseorang berbagi cerita (curhat) itu berarti dia butuh masukan, saran, nasehat, dll. Padahal nyatanya tidak selalu begitu. Terkadang orang yang membagikan ceritanya kepada orang lain tidak sepenuhnya memiliki tujuan agar mendapat tanggapan berupa saran, masukan, nasehat, dll melainkan mereka hanya perlu didengarkan dan ditanggapi seperlunya saja. Biarkan dia menguasai percakapan dan jangan berikan kesan intimidasi atau penekanan terhadapnya. Karena itu akan mempengaruhinya dari segi emosional. Dalam situasi yang galau mereka membutuhkan sebuah kebebasan dan luapan rasa kekesalan. Mungkin dengan kita membiarkan mereka menguasai percakapan, itu akan membuatnya merasa lebih bebas dan lebih leluasa dalam berekspresi saat bercerita.

Bayangkan jika kamu sedang bercerita kepada temanmu, lalu temanmu memberikan intimidasi terhadapmu dengan memberikan argumentasi yang mengarahkan bahwa kamu salah dan tidak layak untuk merasa benar. Pasti kamu tidak akan mendapat rasa nyaman saat bercerita.

Itulah sebabnya artikel ini mencoba mengungkapkan sebuah fakta curhat dari sisi yang berbeda agar kamu tahu harus bersikap seperti apa ketika temanmu membagikan ceritanya padamu.

HDT.

Leave a Comment (Not Available)

Post Comment